Monday, March 16, 2015

Jahe (Ginger)

Jahe atau yang dalam bahasa ingris disebut Ginger adalah sejenis tanaman yang tumbuh liar ditanah kering yang populer disebut sebagai tanaman rempah dan bahan obat, terdapat beberapa jenis atau macam tumbuhan jahe yang ada di indonesia diantaranya adalah jahe Gajah, Jahe merah, Jahe Emprit dsb.


Konon jahe adalah merupakan Ginseng asli indonesia dan setidaknya jahe memiliki lebih dari lima manfaat menurut penelitian para ahli, yang diantaranya adalah menghangatkan badan dan obat pereda sakit tenggorokan. yang secara tradisional cara penyajiannya adalah dengan cara menumbuk jahe agar lunak dan kemudian menyeduhnya dengan air hangat. baik dicampur dengan gula maupun tidak.

Jahe, adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah, rasa dominan yang pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe merupakan tanaman herba yang kerap dipercaya masyarakat dapat mengatasi berbagai kondisi, mulai dari mual, batuk, nyeri otot dan berbagai macam khasiat lainnya.
Didesa jahe biasanya dibuat untuk suguhan minuman para penceramah agama ketika ada suatu acara tertentu, hal ini dipercaya dapat membantu para ustadz atau kyai agar suara mereka tidak serak ketika membawakan suatu acara ceramah rohani dalam jangka waktu yang agak lama. 

Dipercaya juga kemudian bahwa minuman bekas penceramah dapat memberikan manfaat kepada orang lain yang meminumnya dan atau dapat membawa berkah yang banyak. 

Selain untuk bumbu masak manfaat jahe lainnya adalah dipakai untuk mempercantik kulit wajah serta berbagai macam manfaat yang lainnya. Jahe aman dipakai untuk apapun baik sebagai tanaman obat dan atau tumbuhan rempah yang juga dipakai untuk memasak serta berbagai hal lainnya, tetaplah jahe yang memiliki banyak khasiat dan manfaat. 

Apakah anda sudah dan sering memanfaatkan tumbuhan atau tanaman ini ... ?

0 comments:

Post a Comment