Saturday, September 6, 2014

Kedompyong atau Gedompyong

Sebagian masyarakat atau penduduk indonesia mungkin asing dengan buah yang satu ini, ditempat atau daerah asal saya yakni di Banyuwangi buah ini diberi nama buah kedompyong atau gedompyong masyarakat di lain daerah menyebut buah ini dengan sebutan dompyong.

Rasanya yang asam dan ada campuran sedikit rasa manis adalah merupakan ciri khas dari buah yang satu ini. 

Buah ini berbentuk bulat kecil dan berwarna kehitam hitaman , dengan tekstur daging yang empuk dan kulit yang tipis serta memiliki biji yang cukup besar didalamnya membuat buah yang satu ini berbeda dengan kawan kawannya. 

Buah yang satu ini hampir mirip dengan buah duwet namun bentuk dan ukurannya lebih besar dan bulat. 

Buah yang berasa asam - manis tersebut kini sudah mulai sulit untuk didapat. Itu terjadi lantaran banyak masyarakat yang menebang pohon kedompyong karena selain buahnya sudah kurang diminati oleh masyarakat lantaran semakin banyak buah yang mungkin lebih lezat buah ini juga merupakan buah asli hutan yang mungkin saat ini dirasa kurang layak untuk dikonsumsi oleh manusia. 

Namun, bagi Anda yang penasaran dan ingin mencicipi buah dengan warna kulit merah kehitaman tersebut anda mungkin bisa mendapatkannya dipasar pasar tradisional ketika musim buah ini bersamaan dengan buah duwet.

0 comments:

Post a Comment