Thursday, April 16, 2015

Kembang Tujuh Rupa

Beberapa besar atau kebanyakan dari kita mungkin telah pernah mendengar arti bunga tujuh rupa. Walau demikian, tahukah Anda misteri bunga tujuh rupa ? Apa itu kembang tujuh rupa ? dan misteri apa yang tersembunyi didalam kembang tujuh rupa ?

Bunga atau kembang merupakan hiasan dari tanaman yang indah untuk dilihat dan memiliki bau yang harum meskipun terkadang ada juga bunga yang memiliki bau menyengat dan atau tidak harum,

Sekilas bila kita mendengar tentang kembang 7 rupa pastinya kita akan langsung terbayang tentang hal yang berbau mistis, selalu disangkut pautkan dengan hal hal yang gaib dan sudah membudaya tidak hanya dikalangan masyarakat desa akan tetapi juga diperkotaan dan kaum terpelajar.

Mandi bunga atau mandi kembang dipercaya sejak zaman dahulu oleh nenek moyang kita, sebagai warisan turun menurun dan banyak dijalani serta masih dipergunakan oleh masyarakat kita saat ini sebagai suatu acara ritual dalam upacara keagamaan , tradisi dan atau adat serta acara lainnya yang berhubungan dengan hal hal yang mistis.

Bunga / kembang tujuh rupa adalah sebutan bagi sehimpunan bunga atau kembang yang dipersiapkan untuk upacara keagamaan, khususnya dalam tradisi Asia, seperti India, Nusantara, dan Tionghoa. Sesuai namanya, terdapat tujuh jenis bunga yang dipakai untuk keperluan ini, namun tidak ada kesamaan jenis-jenis yang menjadi komponennya. 

Jenis-jenisnya berbeda tergantung tempat dan kepercayaan dari pemakainya. Dalam tradisi Nusantara, jenis-jenis yang biasa digunakan adalah mawar (bermahkota merah dan putih, biasanya dianggap berbeda), cempaka (Michelia champaca), kantil (cempaka putih, M. alba), kenanga, melati, sedap malam (tidak selalu), dan melati gambir (tidak selalu).

0 comments:

Post a Comment