Thursday, March 19, 2015

Bunga Songgo Langit

Bunga Songgo Langit adalah tumbuhan merambat yang sering tumbuh diantara rerumputan dengan bunga yang kecil dan berwarna warni disetiap batangnya. Tumbuhan ini diberi nama songgo langit karena dipercaya memiliki manfaat selangit.  diantaranya adalah dapat dipergunakan untuk menyembuhkan penyakit diare dan disentri. 

Tanaman ini juga menyimpan air madu alami didalam bunganya sesaat sebelum mekar secara penuh dan dapat dikonsumsi / diminum tanpa harus takut keracunan. Beberapa diantara mereka yang sudah mampu mengolahnya menjadi minuman herbal juga memanfaatkan tanaman ini untuk dijadikan minuman seperti teh , dan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit asam urat, nyeri sendi dan pegel linu.

Bagi anda yang tidak memiliki pengetahuan jangan mencoba untuk mengkonsumsi dan atau mempergunakan tanaman ini sebagai minuman dan atau sayuran karena dikhawatirkan justru akan menimbulkan efek yang lain.

Tridax procumbens mengandung zat aktif seperti tannin, saponin, dan flavanoid yang bekerja secara simultan menghasilkan efek analgetik dan juga mempunyai efek anti-inflamasi atau mengurangi radang dan pembengkakan pada sendi. Daunnya juga dipakai untuk menyembuhkan diare, disentri, bronchial catarrh, dan mencegah rambut rontok.

Tanaman ini juga kaya akan kandungan zat mineral diantaranya kalium (K), magnesium (Mg), dan kalsium (Ca) yang baik untuk menjaga kondisi tulang dan jaringannya. Maka songgolangit dapat digunakan sebagai obat untuk menghilangkan rasa nyeri, kaku, dan pembengkakan di persendian karena rematik. Ia juga mampu menurunkan kadar asam urat, memperbaiki metabolisme fungsi hati dan ginjal, serta meningkatkan stamina tubuh. Ekstrak daunnya punya efek terhadap cardiovascular, menurunkan tekanan darah dan denyut jantung, mengobati hipertensi.

Saat ini bahkan sudah ada produk teh dalam kemasan kantung (teh celup) dengan bahan dasar daun teh dan daun songgo langit (Tridax procumbens). Dan dari penelitian menyebutkan Tridax procumbens tak beracun, aman bagi liver dan ginjal.
Untuk bisa memanfaatkan dan atau mengkonsumsi silahkan ikuti petunjuk para ahli yang sudah sering memanfaatkan tanaman ini, atau ikuti petunjuk dokter.

0 comments:

Post a Comment