Thursday, March 19, 2015

Daun Pisang

Daun pisang diketahui mengandung polifenol dalam jumlah besar yang sama seperti pada daun teh, sehingga menghasilkan aroma khas ketika menjadi bahan pelengkap makanan. Makanan khas Indonesia yang menggunakan daun pisang sebagai pelengkap, umumnya sebagai pembungkus atau alas.

Layaknya daun teh yang banyak sekali mengandung antioksidan, daun pisang juga menjadi salah satu jenis dedaunan yang memiliki banyak Manfaat diantaranya untuk kecantikan kulit, kesehatan, dan fungsinya sebagai pembungkus kue yang sudah sangat populer di Indonesia.


Selama ini daun pisang hanya dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan saja. namun Daun pisan yang sudah dikenal banyak orang dan begitu banyak kegunaan dan atau manfaat nya bagi kehidupan manusia, maupun hewan lain. Bahkan daun pisang juga dimemorikan dalam sebuah lagu yang berjudul "memori daun pisang".

Beberapa diantara manfaat daun pisang adalah sebagai pembungkus kue / jajanan pasar, seperti sumping , lemper , mentok , dsb daun pisang juga dipergunakan sebagai alat dekoratif pada upacara keagamaan seperti acara maulid nabi dan berbagai acara lainnya. daun pisang juga bermanfaat sebagai pakan alternatif binatang / hewan peliharaan seperti kambing dan bebek. 

Selain itu daun yang masih muda dan baru muncul keluar beberapa minggu juga seringkali dijadikan tempat persembunyian kelelawar pada siang hari, sedang daun yang sudah hampir kering / tua dijadikan sebagai sarang bagi kupu - kupu untuk bertelor.

0 comments:

Post a Comment