Thursday, February 23, 2017

Manfaat Bunga Cempaka Putih

Bunga kantil atau yang juga bisa disebut sebagai bunga cempaka putih merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki bau harum. 

Bunga ini biasa dipergunakan dalam berbagai upacara adat seperti untuk perlengkapan pesta pernikahan, maupun dipergunakan dalam ritual nyekar atau ziarah kubur. Bagi orang-orang jawa bunga kantil memiliki sebuah makna ritual yang berarti memiliki hubungan erat meskipun telah berbeda alam.

Di beberapa kalangan masyarakat bunga kantil merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki beberapa mitos seperti, pohon yang digunakan sebagai tempat tinggal bagi makhluk gaib kuntilanak. 

Namun dalam dunia medis, bunga kantil dipercaya mampu mengobati beberapa gangguan kesehatan. Kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya memiliki  khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik.

Meskipun sarat dengan mitos, namun pada kenyataannya bunga kantil memiliki berbagai macam kegunaan bagi kehidupan, diantaranya adalah :

1. Sebagai pelengkap upacara adat
Pada beberapa kalangan masyarakat seperti masyarakat Jawa dan Bali, manfaat kembang kantil biasa digunakan dalam berbagai jenis upacara adat seperti pernikahan. Bunga ini digunakan sebagai hiasan sanggul maupun hiasan senjata leluhur seperti keris dan lain sebagainya.

2. Sebagai bahan pewangi rambut
Di beberapa kalangan masyarakat, bunga kantil biasanya dipakai sebagai hiasan dikepala atau diselipkan di atas telinga. Hal ini dapat memberikan efek aroma wangi pada rambut.

3. Untuk menghilangkan bau badan
Bunga yang memiliki aroma harum yang khas ini dapat membantu dalam mengatasi masalah bau badan. Adapun caranya adalah dengan merebus bunga kantil dengan atau tanpa menambahkan campuran seperti daun sirih. Lalu menggunakan hasil rebusan tersebut sebagai air mandi. Atau bisa juga dengan cara merebus bunga kantil kering dengan sejumlah air, lalu air hasil rebusan tersebut dapat diminum guna mengatasi bau badan.

4. Dapat mengobati gangguan vertigo
Vertigo merupakan gangguan kesehatan dimana penderitanya akan mengalami sensasi berputar-putar. Hal ini bisa diatasi dengan jalan merebus sekitar 5 hingga 7 kuntum bunga kantil yang telah kering dengan menggunakan +/- 500 ml air bersih. Rebus hingga air tinggal +/- 200 ml lalu konsumsi hasil rebusan bunga kantil tersebut selagi dalam kondisi hangat.

5. Dapat membantu mengobati perut kembung
Gangguan perut kembung yang pasti terasa tidak nyaman dapat diatasi dengan menggunakan ramuan herbal yang berasal dari bunga kantil. Caranya adalah dengan merebus +/- 5 kuntum bunga kantil yang dicampur dengan jahe +/- 5 gr, 3 butir kapulaga, serta 5 gr kulit jeruk mandarin yang telah kering bersama dengan +/- 700 ml air bersih. Rebus beberapa saat hingga air hanya tinggal +/- 300 ml saja. Konsumsi ramuan tersebut pada saat kondisi air masih hangat.

0 comments:

Post a Comment