Thursday, April 16, 2015

Jeruk Purut


Ternyata jeruk purut banyak sekali manfaatnya di bandingkan jenis jeruk lain. Jeruk purut merupakan tumbuhan perdu yang akan kadar vitamin C dan antioksidan jeruk ini banyak dimanfaatkan terutama buah dan daunnya sebagai bumbu penyedap, menurut para ahli selain menjadi bumbu penyedap masakan, manfaat jeruk purut untuk kesehatan diantaranya adalah mengobati penyakit flu & batuk yang biasanya disajikan bersama kecap. 

Jeruk purut, salah satu keluarga buah jeruk yang menyimpan khasiat kecantikan dan kesehatan bagi tubuh. buah yang satu ini sudah tidak asing di kalangan ibu-ibu, karena buah ini sering di gunakan untuk rempah-rempah masakan agar menambah citarasa masakan dan atau penambah aroma untuk menambah selera makan, menghilangkan bau amis dan tidak sedap lainnya.

Jeruk rempah ini termasuk ke dalam subgenus Papeda, berbeda dengan jenis jeruk pasaran lainnya, sehingga penampilannya mudah dikenali, rantingnya berduri, daunya berbentuk khas, seperti dua helai yang tersusun vertikal akibat pelekukan tepinya yang ekstrem; tebal dan permukaannya licin, agak berlapis malam. 

Daun muda dapat berwarna ungu yang kuat, buahnya kecil, biasanya tidak pernah berdiameter lebih daripada 2 cm, membulat dengan tonjolan-tonjolan dan permukaan kulitnya kasar; kulit buah tebal. perbanyakan dilakukan dengan biji atau dengan pencangkokan. 

Dalam dunia boga Asia Tenggara penggunaannya cukup sering dan rasa sari buahnya yang masam biasanya digunakan sebagai penetral bau amis daging atau ikan untuk mencegah rasa mual, seperti pada siomay. Ikan yang sudah dibersihkan biasanya ditetesi perasan buahnya untuk mengurangi aroma amis.

Potongannya dicampurkan pada bumbu pecel atau juga gado-gado untuk mengharumkan. Demikian pula dalam pembuatan rempeyek, potongan daunnya dicampurkan pada adonan tepung yang kemudian digoreng. 

Di Thailand, daun jeruk purut sangat populer dalam masakannya. Tom yam dan tom khaa, dua makanan berkuah yang populer, menggunakannya. Menu dari Kamboja, Semenanjung Malaya, Pulau Sumatra, Pulau Jawa, dan Pulau Bali juga menggunakan daun jeruk purut sebagai pengharum masakan.

0 comments:

Post a Comment