Thursday, September 4, 2014

Pohon Pinang

Pohon pinang atau disebut juga jambe adalah tumbuhan sejenis palma yang banyak tumbuh di Afrika  dan Asia khususnya di indonesia di pulau jawa , pohon pinang banyak memiliki manfaat bagi warga jawa khususnya sebagai pengganti rokok bagi orang perempuan daunnya dipakai untuk mainan dan pohonnya dipakai sebagai sarana untuk permainan 17 agustus an yakni panjat pinang.

Buah pohon pinang yang dalam bahasa jawanya disebut jambe dipercaya juga memiliki manfaat meskipun pada dasarnya buah mereka mengandung racun akan tetapi tidak membahayakan bagi tubuh manusia. 

diantaranya adalah sebagai obat cacingan , obat disentri , diare , serta penyakit kulit seperti kudis dan lain sebagainya. 

Batang pohon pinang seringkali dimanfaatkan dalam kegiatan 17 agustus 1945 sebagai simbol dari perjuangan rakyat indonesia , pohon pinang juga kerap ditanam, di luar maupun di dalam ruangan, sebagai pohon hias atau ornamental.

Biji pinang juga merupakan salah satu bahan export yang diperdagangkan ke luar negeri terutama biji yang telah dikeringkan baik dalam keadaan utuh (bulat) ataupun dibelah. di negara - negara importir tersebut biji pinang kemudian diolah menjadi semacam permen sebagai makanan kecil.

0 comments:

Post a Comment