Tuesday, March 17, 2015

Daun Sirih

Sirih adalah tumbuhan merambat atau menjalar dan bersandar pada pohon atau batang pohon yang ada disekitarnya. Sirih adalah merupakan tumbuhan asli dari indonesia yang oleh masyarakat asli dahulunya seringkali dipergunakan pengganti camilan disaat waktu senggang atau sedang bersantai dengan cara mengunyahnya dengan dicampur dengan buah pinang , gambir dan atau kapur. budaya atau adat kebiasaan ini seringkali disebut sebagai nginang.


Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur. Manfaat rebusan daun sirih yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh bila diminum secara rutin, selain itu juga baik untuk kulit wajah, selain itu daun sirih juga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kewanitaan seperti bau tak sedap, gatal pada organ kewanitaan.

Di Indonesia sendiri khususnya masih terdapat masyarakat adat yang mempergunakan sirih sebagai jamuan tradisional. Dahulunya dipercaya hal ini dapat membantu penguatan gigi dan gusi namun penelitian lanjutan disebutkan bahwa adat dan atau kebiasaan ini dapat menyebabkan penyakit kanker mulut dan pembentukan scc atau squamous cell carcinoma.

Namun dibalik itu semua terdapat beragam manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan dari extrac daun sirih tentunya dengan cara pengolahan yang benar, diantara beberapa manfaat dan khasiat dari daun sirih adalah untuk menghilangkan bau badan , mematikan kuman dan bakteri, menyembuhkan luka pada kulit , jerawat , gigi berlubang , haid tidak teratur , menghilangkan gatal - gatal pada kulit , dsb.

Caranya adalah dengan mencampur daun sirih dengan air hangat atau merebusnya dan mempergunakan airnya baik dengan cara meminum , untuk berkumur maupun dioleskan / disiramkan pada luka atau gatal yang ada pada kulit, tentunya dengan terlebih dahulu mendinginkan air yang direbus bersama dengan daun sirih tersebut.

0 comments:

Post a Comment